Minggu, 23 November 2014

HAL HAL PENTING YANG DIBUTUHKAN DALAM SUATU ORGANISASI



A.   HAL HAL YANG DIBUTUHKAN  DALAM  MEMBENTUK SUATU ORGANISASI

Menurut saya ada beberapa faktor yang mempengaruhi sebuah organisasi dapat berjalan dengan baik,yaitu :

Visi dan Misi.
visi adalah suatu tujuan yang akan digunakan sebagai target yang harus dicapai oleh suatu organisasi. Misi adalah hal-hal yang harus di lakukan untuk mencapai suatu visi ( tujuan ).jadi dalam suatu organisasi para anggota organisasi tersebut harus mempunyai visi dan misi yang sama agar organisasi dapat berjalan dengan baik

Management.
Management menyangkut bagaimana kita mengatur dan mengolah sumber daya perusahaan agar dapat dimanfaatkan sebesar-besarnya demi kepentingan anggotanya.

Human Resources ( Sumber Daya Manusia ).
Manajemen atau System tidak akan berjalan dengan baik jikalau sumber daya manusia tidak dapat mendukungnya. Untuk itu diperlukan tenaga professional yang dapat mendukung berjalannya sebuah organisasi.

Teknologi Informasi.
Seperti kita ketahui perkembangan teknologi informasi sudah menjadi salah satu komponen penting dalam organisasi. Baik itu dalam menunjang operasional perusahaan ataupun sebagai lembaga pembelajaran anggotanya yang mungkin kita kenal sekarang dengan istilah e-learning organization bahkan knowledge-based organization.

Dana Operasional.
Seperti kita ketahui setiap kegiatan organisasi hampir-hampir tidak pernah terlepas dengan apa yang disebut dana. Tanpa dana hampir mustahil sebuah kegiatan organisasi dapat dilaksanakan.




 Selain itu juga ada beberapa hal penunjang agar sebuah organisasi berjalan semakin baik,berikut adalah beberapa hal penunjang agar sebuah organisasi dapat berjalan baik dan sukses :

Kepemimpinan
tanpa adanya pemimpinan yang punya sikap tanggap, tegas, tanggung jawab, kemampuan yang lebih, dan konsisten dengan tanggung jawab. sebuah organisasi tidak akan bisa maju dan baik.
Anggota atau pengurus di masing-masing program
jika kepengurusan tidak bisa menjalankan tugas dan kewajiban dengan baik organisasi juga tidak akan maju atau konsisten.
Tempat atau kantor
sebuah organisasi yang baik juga di tunjukan dengan adanya sebuah kantor atau tempat(basecamp)
Jaringan
 ini juga termasuk salah satu yang menunjang organisasi itu di katakan baik, banyaknya jaringan yang di bangun ini semakin menunjukan organisasi itu bisa di katakan organisasi yang baik atau maju.
Komunikasi dalam organisasi
jika dalam satu ruang organisasi tidak ada komunikasi yang baik, bahkan tidak ada keterbukaan dalam satu ruang yang beda pemikiran juga beda tujuan. sehingga tidak ada penyelesaian atau jalan keluar untuk memecahkan suatu masalah. organisasi itu tidak akan bisa bekerja dengan maksimal dan hasilnya juga tidak maksimal.
Managemen
organisasi yang baik managemennya juga harus baik, tersusun dengan rapi dan terorganisir dengan baik.
Budaya dalam keorganisasian
yang di maksud dengan budaya disini adalah kebiasaan-kebiasaan yang ada dalam organisasi. entah itu kebiasaan yang baik atau kebiasaan yang tidak baik, seperti tidak ada keseriusan dalam menjalankan tugas, mengabaikan waktu yang sudah menjadi kesepakatan ¨tidak tepat waktu¨dan lain-lainnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar